Harapan Kepada Mahasiswa

Harapan Kepada Mahasiswa Sabtu kemarin (3/11), Ekho dan saya melakukan perjalanan ke daerah Babat – Gresik untuk mengambil sampel air yang hendak diteliti sebagai data AMDAL pembangunan waduk gerak. Kami melakukan perjalanan ke sana dengan menggunakan motor Ekho. Ada dua tempat yang dikunjungi, yaitu jembatan dari Desa Karang Keling (atau sebut saja KK, saya takut salah nama) dan waduk gerak Babat. Kedua tempat tersebut dilalui oleh Sungai Bengawan Solo. Lalu berhubungan dengan judul di atas, maka saya menceritakan apa yang kami lakukan di KK.Dalam mengambil sampel di KK, kami mengambil dari sungai dan sumur warga sekitar. Dengan menggunakan botol yang telah diberi pemberat kami mengambil sample di sungai. Tidak begitu sulit. Kemudian kami mengambil sampel dari sumur warga. Kami mendatangi rumah seorang warga dan meminta air sumurnya. Sang warga awalnya heran, kenapa kami meminta air sumur. Awalnya dikira untuk jimatan (entah apa ini artinya). Sang warga yang adalah seorang wanita tua menjelaskan airnya keruh. Lalu Ekho menjelaskan bahwa ini untuk penelitian jadi tidak masalah seperti apa kondisi airnya.“Ternyata untuk penelitian toh..”, sahut ibu tersebut.“Berarti mahasiswa ya..”, tambah sang anak dari ibu tersebut.Sang ibu kemudian mengambilkan botol air mineral kecil untuk tempat sampel air. Lalu terdengarlah sebuah harapan (secara tidak langsung) dari ibu tersebut.“..mau diteliti ini, biar dibuat airnya jadi bersih..”, Sang ibu berucap kepada tetangga – tetangganya.Padahal tujuan pengambilan sampel air tersebut (mungkin) tidak berkaitan dengan hal tersebut. Sampel digunakan untuk mengetahui salinitas air sungai dan beberapa kondisi lain yang berkaitan dengan waduk. Pembangunan waduk dimaksudkan untuk mencegah air laut yang menyebabkan air sungai menjadi asin (air sumur ibu tersebut ternyata asin).Manakala akhirnya saya berpikir, bahwa ibu ini berharap kepada kami. Apa yang akan kami lakukan? Air bersih? Saya sendiri tidak tahu saat itu saya mengambil sampel saja. Hal seperti ini sebenarnya pernah juga saya alami ketika semester lima yang lalu. Ketika itu di pertambakan Wonorejo. Sang nelayan tambak meminta kepada mahasiswa untuk mencari solusi penyakit – penyakit udang yang ada di sana. Jangan hanya mengamati burung saja (kebetulan banyak jenis burung di Wonorejo).Masyarakat berharap kepada mahasiswa. Lalu apa yang bisa mahasiswa berikan?Janji – janjikah? Seperti calon –calon wakil rakyat saja..Memeberi janji – janji yang tak pasti..Beteriak – teriak di jalan? Lalu hanya akan dianggap angin berlalu saja..anjing menggonggong saja hanya membuat takut sebentar.Entah.Pernah saya mendengar ceramah seseorang yang mengumpakan seorang mahasiswa hukum. Seperti seorang mahasiswa hukum, Mereka itu berani. Mereka berani membuat hukum yang berisi hukuman untuk para koruptor adalah mati. Namun, ketika mereka telah lulus, mereka tidak bisa apa – apa, mereka menjadi bagian dari hukum negara ini. Bobrok. Mereka tidak akan berani menindas karena mereka juga seperti itu. Dari mana nantinya mereka mendapatkan uang?Aku tidak terlalu setuju dengan itu. Apakah idealisme hanya ada saat mahasiswa saja.Ada juga suatu survei kecil (entah seperti apa metode yang digunakan). 9 dari 10 pernah mahasiswa hukum titip absen. 6 dari 10 pernah mencontek. Lalu saya juga pernah melakukan dua hal diatas. Namun, pernah bukan berarti selalu.Lalu saya pun akan menjawab, sebagai seorang mahasiswa akan akan belajar dengan baik. Lulus tepat waktu dengan IP yang biasa – biasa saja. Lalu saya akan bekerja di suatu lembaga penelitian dan memberikan sumbangsih pikiran saya (sesuai dengan bidang) mengenai permasalahan yang ada di masyarakat.  Jika saya tidak berhasil dengan rencana diatas, masih ada plan A, B, C, D,…dan Z.Saya takkan mencoba membohongi diri saya sendiri. Saya adalah diri saya dan kamu adalah dirimu. Darah kita tidak sama apalagi wajah kita. Mulutmu biarlah terus meneriakkan perjuangan dan aku pun melakukannya dengan caraku. Tapi jangan lupa kita untuk saling mengingatkan karena saya juga kamu dan kamu juga saya. 

Leave a Reply

