Toro – Toro Game (Sebuah Permainan Tradisional…)

Duhh..susah juga memulai suatu tulisan. Gini aja lah, kali ini gw bakal nyeritain soal penemuan permainan baru yang gahar abis, yaitu toro – toro games. Sebelumnya gw nulisin latar belakang dari game ini.

Di era globalisasi yang semakin maju ini, wajah yang tampan adalah modal yang mutlak. Mutlak !tidak harus dimiliki semua orang. Sehingga apa yang baru saja gw tulis nggak ada hubungannya sama yang namanya toro – toro game..(Iy..iy..serius mode : on)

Di era globalisasi yang semakin maju ini, permainan yang muncul semakin beragam. Ada yang namanya playstation 1 lah, plastation 2 lah, dan sampai playstation 4. Namun rencananya yang namanya playstation bakal dibuat sampe yang ke -13 dengan niat nggak mau kalah sama sinetron tersanjung yang dulu pernah berjaya. Nah gitu2nya, anak – anak jaman sekarang kalau diomongin permainan tau2nya ya paling PS. Klo mau ditanya mau kemana paling ngejawabnya : “biasa mau maen dulu di mang Uci”.

Lho sekarang mang Uci udah buka rental PS ya? Padahal kan gw taunya yang namanya Mang Uci jualan mie kocok??!! (latar belakangnya makin melenceng).

Karena anak jaman sekarang taunya game2 elektronik, klo ditnayain maen lompat gunung (anak jaman dahulu maenannya serem y..),petak jongkok, petak umpet, dan nam2 permainan lain yang membutuhkan fisik dan pikiran yang mantap. Hal ini tentunya membuat apa yang disebut permainan tradisional jelas lebih unggul dibanding permainan2 yang ada sekarang2 ini. Keunggulannya jelas terletak di fisiknya. Jelas sekali dengan permainan tradisional yang namanya fisik pasti terlatih. Sedangkan untuk otak, jelas yang namanya permainan tradisional nggak kalah sama PS. Dalam permainan petak umpet, sebagai yang jaga, kita dituntut memiliki instict yang kuat untuk menebak kebradaan teman kita yang sedang bersembunyi juga refleks. Pokoknya..permainan tradisional tetap keren lah!! Oleh karena itu penting banget untuk tetap dimainkan.

Nah berhubung kita harus tetap melestarikan permainan tradisional (juga berarti melestarikan kebudayaan nasional), gw dan teman – teman gw mainin yang namanya “toro – toro game”. Nama toro – toro game sendiri gw buat sedemikian agar memudahkan orang – orang untuk mengingatnya dan membekas di hati. Namanya demikian juga demi eksistensi permainan ini seterusnya, karena untuk lamanya mungkin sudah dilupakan orang – orang. Sebut saja Agus (23) mengatakan dia sudah lupa nama game ini karena sudah lama tidak memainkannya. Sedangkan Ajie (21) mengatakan nama permainan ini adalah jengger (ternyata masih ada yang ingat). Tapi melihat ada yang masih tidak ingat dengan nama permainan ini, maka gw memunculkan nama toro – toro (alasan yang sederhana sekali..hahaha..cruel face : on). Toro – toro berasal dari kata Lamtoro. Nama dari sebuah tanaman yang rantingnya digunakan dalam toro -toro game ini. Dalam memainkan game ini minimal dibutuhkan 2 orang pemain. Terkadang juga dibutuhkan seorang wasit agar permainan ini dapat berjalan adil. Tapi emang nggak selalu demikian. Terkadang ada wasit2 yang tidak adil (bahasa inggrisnya : tidak fair!). Jadi keberadaan wasit tidak mutlak.

Dalam permainan ini, ranting kecil lamtoro ditarik hingga pada ujungnya hingga tersisa dua ujung ranting. Sisa ujung ranting itu kemudian dikaitkan satu sama lain hingga menjadi seperti ini

the winner..

ini namanya toro – toro (tapi ini versi saat udah menang)

Lalu untuk memainkannya begini. Antar ujung saling dikaitkan dengan memasang ujung yg bolong ke ujung toro – toro yang lain sehingga keduanya dapat saling terkait. Klo gambarnya seperti ini

Dan yang terpenting dari segalanya adalah bertanding. Antar toro – toro player saling tarik – menarik toro -toro miliknya dan toro – toro yang putus akan dianggap kalah. Namun dalam game ini bukan kalah atau menang yang dicari, hanya kesenangan semata. Asik aja pokoknya. Semua senang semua riang. Nggak ada dendam – dendaman. Tapi bakal jadi dendam – dendaman klo tarohannya pasangan kita atau apa ajalah yang bisa bikin kita marah.

Intinya game ini asik deh. Serius!! Keep play tradisional game!!

Next : peraturan dll.

ho..ho..ho..
Bermain Toro – Toro Game

One thought on “Toro – Toro Game (Sebuah Permainan Tradisional…)

  1. akhirnya lo naemu jg permainan yg gak harus dimaenin di ruang tertutup, pengap, remang2, yg isinya cm komputer dan para maniak yg bs betah 3 hr 3 mlm di tempat itu sambil sesekali jejeritan..

    game tradisional emg yg terbaik sampe kapanpun..

    nb : nama tempat itu adalah.. warnet..
    gw pikir lo uda familiar ama ni tempat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s