World Silent Day..(Hari Hening Sedunia)

SAVE OUR PLANET !!!!!!!

Slogan yang seharusnya ada di dalam hati kita masing2. Sebuah keprihatinan untuk apa yang dialami oleh bumi. Bumi yang selalu menyediakan apa yang manusia butuhkan. Bumi yang “diperkosa” oleh nafsu2 manusia. Bumi yang menangis.

Pagi tadi gw ngedengar siaran radio Prambors Surabaya 89.3 fm pas acara Dagienkz dan Desta di PUTUSS. Kebetulan yang gw denger pas mereka ngebicarain tentang lingkungan bersama narasumber cewek yang gw lupa namanya (dari Bali). Mereka ngomongin tentang global warning dan beberapa isu lingkungan lain hingga akhirnya mereka membicarakan tentang World Silent (atw silence??) Day..atau klo di-Indonesia-in jadi Hari Hening Sedunia. Apaan ntuh hari hening sedunia??

Hari Hening Sedunia sendiri muncul pas acara konfrensi Climate Change di Bali yang lalu oleh sekelompok aktivis lingkungan Bali (?). Karena di Bali sendiri memiliki kearifan lokal oleh masyarakatnya dalam bayak hal mengenai lingkungan. Seperti misalnya di Pulau Nusa Penida, adat setempat memiliki aturan sendiri mengenai hal ini dan itu yang menyangkut lingkungan.

Nah kebetulan pas acara konfrensi itu emang ada yang menyerukan tentang Hari Hening Sedunia ini (tapi masih nggak tau di dalam konfrensi atau di luarnya..). Klo nggak salah juga pas acara konfrensi itu juga di Bali masyarakatnya nggak melakukan apa2 berkaitan dengan pemakaian energi dan lain – lain (klo ga salah). Tentang Hari Hening Sedunia ini juga didukung oleh beberapa negara.

Hari Hening Sedunia sendiri jatuh pada tanggal 21 Maret nanti. dasar penentuannya tanggal 21, klo nggak salah karena matahari saat itu berada di utara bumi.(esensinya gw masih lupa, ada hubungannya sama yang namanya hening..). Masyarakat sedunia diharapkan selama 4 jam (jam 10 pagi sampai jam 2 siang) bisa meluangkan waktunya untuk beristirahat (tidak beraktivitas). Kata sang narasumber sih..dalam 1 hari (di Bali) oleh tidak melakukan aktivitas bersama – sama mampu mengurangi emisi gas CO2 hingga berpuluh – puluh ton. Jadi sebenarnya kegiatan ini banyak manfaatnya buat lingkungan.

Banyak dari kita manusia yang disibukkan oleh banyak hal sehingga untuk beristirahat saja sejenak tidak memiliki waktu yang berkualitas. Cobalah untuk meluangkan waktu kita sejenak untuk lingkungan kita. Untuk bumi kita.

Banyak hal yang bisa kita lakukan. Selama tanggal 21 maret itu dan jam 10 sampai 2  (sebenarnya bisa dilakukan kapanpun..) cobalah untuk tidak banyak beraktivitas. Cobalah untuk sejenak berhenti menggunakan energi, seperti tidak menggunakan listrik untuk hal – hal yang tidak perlu. Misalnya klo meninggalkan ruangan tidak lupa untuk mematikan lampu, komputer, dan benda – benda lain yang menggunakan listrik.
once again….

SAVE OUR PLANET

SAVE OUR LIFE

One thought on “World Silent Day..(Hari Hening Sedunia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s