Just Another Story of Our Environment

Karena gw nggak begitu gaco berbahasa inggris, maka cuma judulnya aja yang gw kasih bahasa inggris.

Begini ceritanya. Di suatu desa yang terletak jauh di Jawa Timur adalah sebuah sungai yang dikenal sebagai Bengawan Solo. Sungai ini mengalir dari Solo hingga bermuara di daerah Jawa Timur.

Seperti yang kita ketahui, sungai memiliki banyak kegunaan bagi manusia. Buat sarana transportasi, buat sumber air minum dan lain sebagainya. Namun kata kegunaan di sini nggak selalu berarti positif buat lingkungan itu sendiri.  Sesuatu yang lebih kecil dari sungai seperti kali misalnya, bisa jadi sarana buat buang limbah rumah tangga.

Nah, yang namanya sampah juga limbah. Di desa itu, klo mau buang sampah buangnya di sungai. Langsung buang aja gitu. Makanya wajar aja pas gw nyari2 yang namanya tempat sampah nggak ketemu – ketemu.

Yang ada gw mau coba berbuat sesuatu dengan mengumpulkan sampah – sampah tersebut di suatu titik eh malah dibuang ke sungai juga ama warga di sana. Satu hal yang membuat ini semua nggak mengherankan adalah kepala desa di sana juga menyarankan teman gw buat buang sampah – sampah ke sungai aja.

Betapa oh Betapa..

Klo udah kayak gitu apa yang harus dilakukan. Mencoba mengingatkan entar dibilang “siapa lo?”. Tapi ini belum gw coba. Klo di kawasan lingkungan dimana gw sering beredar, gw sih berani aja. Tapi di kampung orang yang adat dan sopan santun nya aja gw nggak tau. Eh entar tiba – tiba ditikam gw. Berabe urusannya.

Gw jadi agak ragu, ketika orang – orang sana (2 -3 orang) yang penyataannya mendukung konservasi, berasap – asap ketika berbicara lingkungan tapi nyatanya buang sampah aja masih ke sungai. Yang gw tau semua adalah masalah yang kaitannya nggak jauh dengan yang namanya duit.

Gw harap lingkungan kita bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

