P E C U K

baiklah karena saya masih teringat suatu janji dan hendak menepatinya, maka ijinkanlah saya berbagi tentang apa yang dikenal dengan nama PECUK.

PECUK merupakan sebutan/nama bagi burung yang genusnya Phalacrocorax dan juga Anhinga. Pecuk merupakan salah satu burung air yang keren pisan :hammer:. Ah intinya keren

penampakannya kayak ini

PECUK sendiri tak lain dan tak bukan adalah sebuah kelompok studi burung liar yang berada di kampus ITS tepatnya di Biologi. PECUK sendiri berdiri sejak tahun 2004 (CMIIW) ketika itu adalah Bali Birdwatching Race 2004 dan kakak – kakak yang menjadi pendiri PECUK belum memiliki nama untuk timnya. Lalu teringatlah salah satu dari mereka, yaitu Mas Ucu “kok aku nggak ngeliat pecuk ya di sini, Ya udah pake nama Pecuk aja ?” (simplenya gitu, tidak sama persis seperti yang diucapkan Mas Ucu). Karena biasanya Mas Ucu kalau pengamatan di Surabaya sering ngeliat yang namanya Pecuk. Intinya begitulah asal usul nama Pecuk untuk kelompok studi ini.😀 CMIIW.

Saya sendiri mulai bergabung ke dalam PECUK sejak tahun 2005. Sebenarnya pas awal2 ospek kampus udah sempet dikenalin, cuman cara kemasnya yang kurang kali ya, mas2 datang rame2 lucu2an sambil senyum2 nggak jelas (maklum masih wong Jakarta total nggak ngerti bahasa Jawa sama sekali). Intinya saat itu ya sekedar tahu aja. Tertarik ? nggak.

Lambat laun dengan ospek yang nggak ada habis2nya kayak Cinta Fitri season kesekian, akhirnya bertemu lagilah saya dengan Pecuk. Kali ini langsung dihadapkan dengan persiapan menghadapi Bali Birdwatching Race 2005. Ya secepat kilat saya tahu banyaklah tentang PECUK dan burung. Langsung terjun ke lomba dengan bermodal semangat aja😀. Saya masih ingat satu tim saya Meta dan Mbak Listiani. Ya lengkaplah sudah saat itu karena satu tim sama – sama gak tahu banyak tentang burung. Untungnya kami ada tiga tim. Jadilah kami belajar bersama :hammer: yang tidak membawa pulang apa – apa saat itu selain pengalaman.

penampakan Bali Birdwatching Race 2005 :

mas ganteng

Selanjut – selanjutnya makin akrablah saya dengan PECUK. Makin akrab dengan orang2 di dalamnya (tapi tetap aja mesti ikutan ospek yang tak kunjung usai itu :nohope:). Banyak waktu yang saya luangkan dengan mereka. Masih saya ingat Mas Agus, Mas Piul, dan Ekho. Yup secara struktural kami cuma berisi 4 orang saja (strukturalnya aj lho, aselinya ? ya segitu juga :hammer: rame kok, cuman yang suka goblok2an bareng ya ambe wong2 iki :)) ). Dari situ kami mulai membuat lomba kami sendiri Surabaya Waterbird Watching Race 2006 (sampe nanti2 dikenal dengan nama WBWR). Siang malam meracik segala macamnya biar acaranya bisa menjadi suatu acara yang dibilang baik. Sampe2 bikin spanduk aja sendiri (miris ye gan :ngakak).

Terus terpikirlah tentang regenerasi PECUK. Terpikirlah “kita ada rencana lulus gak nih ?” :hammer:. Ternyata pikiran untuk lulus dari kampus : ada. Maka mulailah kami mencari generasi2 berikutnya yang punya jiwa konservasi dan peduli alam itu. Akhirnya kami menemukan mereka setelah mereka mengisi formulir, terus diwawancarai oleh kami, terus ikutan yang namanya “Fledgling of Pecuk (FOP)”, terus ngambil bendera di tengah tambak, terus di sumpah (aku sendiri sudah lupa).

Ya begitulah. Selalu ada tahapan ketika kita menginginkan yang terbaik. Dan kami selalu mendapatkan orang2 yang terbaik di PECUK🙂. Sehingga kesan eksklusif itu selalu ada. Dan di kehidupan kampus, orang2 yang berkecimpung di PECUK adalah mereka2 yang sedikit banyak memiliki pengaruh.

Mungkin coba saja masukan kata PECUK ke dalam search engine google (yang image) mungkin yang akan kita temukan adalah foto orang – orang, dan mungkin salah satunya adalah saya🙂

salah satunya :

Kalau soal prestasi PECUK sedikit banyak ya membanggakan. Gak sedikit juga yang tingkat nasional🙂. Gak usah disebutin, ntar dibilang pamer :hammer:

Ya PECUK udah kayak keluarga buat gw. Terlalu banyak cerita kalau ditanya tentang PECUK. Suka dukanya banyak. Di PECUK gw belajar banyak sesuatu yang dari bawah hingga ke atas. Gw masih inget pengamatan bareng Mas Piul di Wonorejo, sedangkan Ekho dan Mas Agus lagi ke malang latihan bikin permen susu :D:D. Gw juga masih inget Pas Ke Bali bareng Ekho dan Mas Agus dengan rencana keuangan yang matang😀. Atau gw pas lomba di Jakarta pake acara kesasar ke ITI dulu :nohope:. Atau barang Ekho dan Ajie di Panaruban yang kesasar terus nemu Brontok ??

Banyak deh suka dukanya. Tapi tetap, sesuai jargon kami kami ingin selalu bersuka

VIVAT PECUK !!!!

“Bersenang – senang”

^

^

kok banyak ya…:D:D 5 yang paling bawah belum sempet kenal, keburu ninggalin kampus :((.

“Aku takkan kembali, sebelum kepala ini tak tertunduk lagi”

berita2 terkait pecuk :

http://pecuk.wordpress.com/

http://www.facebook.com/pages/KSBL-Pecuk/105242899515358

http://www.mypulau.com/ardianprasetya/blog/755674/

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=2925

http://burung-nusantara.org/birding-and-bird-conservation-network/pecuk?lang=ID

23 thoughts on “P E C U K

  1. Love u bro! mmuuah!

    rindu jalan menggila seperti di Nusa Penida!

    Jangan lupa Birding forest bird, biar kepalanya ndangak terus!!!

    Keep Fight! perjuangan tanpa henti (tanpa perhitungan juga hahaha) seperti biasanya akan berbuah hasil seperti yang kita bangun bersama Pecuk!

    Vivat Pecuk

    1. mas jgn pake2 love..klo diliat cewe2 bisa turun pasaran aku hahaha….:Peace:
      love u too mas…:)
      semoga bisa segera birding lagi lah..bikin laporan sendiri tentang burung2 yg kita amati.

  2. CRUT…PANCET AE AREK IKI…APIK TULISANE… tapi sayang..sing ditulis kuwi saiki piye yo kabare?
    bubar, mati, urip, opo koma?

  3. mas bro n sis semuanya Pecuk itu juga nama salah satu desa di tulungagung… tepatnya desa pecuk kecamatan Pakel kab. tulungagung….sekali main2 dong pecuk ke desa pecuk xixixixixixi….

  4. Dear…admin
    Need help urgently!!
    Butuh bantuan sukarelawan penggiat bird watching until satang ke tempat kami…

    Kontak email saya ya..

    Wenny

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s