Reaktif. Reaksi. Aksi.

Akibat dari suatu Aksi adalah Reaksi. Fisika banget. 1 + 1 = 2. Matematika banget. Air dipanasin –> Uap air. Kimia banget. Gw ngasarin elu, elu ngasarin gw balik. Gw ngata2in nama bapak lu, lu diam aja karena nggak tau nama bapak gw :hammer: :sdbanget:.

Hari – hari kita nggak jauh dengan hal – hal yang aksi – reaksi. Kejenuhan kita dalam bekerja. Kejenuhan kita dalam suatu hubungan dan banyak lagi adalah suatu bentuk reaksi.

Padahal hidup tak selalu harus reaktif. Hidup itu nggak melulu tentang Aksi – Reaksi. Beri jeda. Beri waktu berpikir sebelum akhirnya bereaksi. Proaktif.

Tapi menjadi proaktif adalah hal yang lumayan sulit.

Sebuah contoh. Perhatian. Sebuah atau banyak perhatian diharapkan bermuara pada yang namanya perhatian kembali. Paling nggak ya jawaban, kalo nggak bisa ngasih perhatian balik. Untuk seorang yang reaktif, nggak dibalasnya perhatian bisa diartikan untuk nggak lagi memperhatikan. Lepaskan. Biarin aja.

Tetapi seseorang yang proaktif. Dia mungkin akan bertanya “mengapa” (yang reaktif juga mungkin muncul “mengapa”). “Mengapa ya dia diem aja ?”. Seorang proaktif memberi jeda sebelum akhirnya dia memberikan reaksinya. Lalu reaksinya adalah bukan pola – pola yang sudah bisa dibaca. Seorang proaktif bisa memutuskan untuk malah bertanya ke yang diberi perhatian, “kenapa gak pernah balas ?”. Seorang proaktif bisa memutuskan akan terus memberi perhatian sampai yang di beri perhatian membalas.

Atau Pak bos minta A, kamu kasih A, B, C, dan D. Cuman pikirannya bos blm nyampe B, C, dan D. Percuma. :hammer:

Ya intinya proaktif (menurut gw) adalah reaksi yang matang. Reaksi yang visioner. Reaksi yang sudah membaca dahulu apa yang akan terjadi jika dia harus bersikap A. penuh perhitungan.

Proaktif itu adalah Reaktif yang baru.

“Cinta dan Benci tempatnya sama. Mana yang muncul bergantung dirimu” (Pidi Baiq).

Think before you thank.

C U. G B U.

 

3 thoughts on “Hidup tak selalu harus Reaktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s